Sedikit Tips Merangkai Effek Gitar Stompbox

Pada dasarnya, tidak ada patokan yang baku untuk merangkai efek stompbox. Cuma, bagaimana kita merangkai efek stompbox yang kita miliki untuk menghasilkan sound yang bagus. Nah, untuk itu saya mencoba berbagi pengetahuan tentang dasar-dasar merangkai efek gitar.

Noise Gate
Sound gitar biasanya memiliki noise yang cukup mengganggu apabila kita bermain live. Untuk menghilangkan berbagai noise yang cukup mengganggu, anda bisa menggunakan effek noise gate. Supaya kinerja noise gate terasa maksimal, sebaiknya pedal ini dipasang diawal rangkaian. Disini saya merekomendasikan Boss Noise Suppressor NS-2.

Distorsi/Overdrive
Pada umumnya setiap gitaris pasti menggunakan effek ini. Kecuali gitaris klasik. Efek ini digunakan untuk mengasilkan suara gitar yang rusak/hancur. Akan lebih maksimal apabila di-plot setelah noise gate. Disini saya merekomendasikan Proco Rat, Boss Distortion DS-1(distortion), Ibanez Tube Screamer TS-808(overdrive).

Modulation
Efek modulasi, memberikan suatu warna tersendiri untuk memperindah sound gitar. Biasanya terdiri dari Phaser, Chorus, Flanger, Pitch Sifter, Tremolo, Rotary, Ring Modulator, dll. Mungkin saya tidak bisa menjelaskan satu per satu disini. Tapi, suatu saat anda bisa melihat postingan tentang hal ini di blog ini. Modulator sebaiknya disimpan di tengah-tengah rangkaian. Diantara distorsi/overdrive dan Delay. Disini saya merekomendasikan POD Line 6 Modulation Modeler MM-4.

Delay/Reverb
Lebih cocok dipasang di akhir rangkaian. Efek ini digunakan untuk memberikan efek gema atau echo. Saya merekomendasikan Boss Digital Delay DD-3 dan POD Line 6 Delay Modeler.

Wah
Cara kerja efek ini sama dengan knob tune pada gitar. Efek ini mengatur kejernihan dan ketajaman sound dan menghasilkan suara seperti 'waouw-waouw'. Efek ini memiliki dua model. Footwah dan Autowah. Footwah, dikendalikan secara manual menggunakan pedal wah. Autowah, bekerja secara otomatis dengan settingan tertentu. Sebaiknya effek ini dipasang berdampingan dengan foot volume, dan diselipkan diantara noisegate dan distorsi/overdrive.

So, urutan dari awal sampai akhir adalah : Gitar --> Noise gate --> Distortion/overdrive --> Modulation --> Delay --> Ampli.
Demikian sedikit tips dasar tentang merangkai efek stompbox. Cocok atau tidak, tergantung dari feel anda sebagai gitaris. Sekali lagi tidak ada patokan yang baku dalam merangkai efek stompbox. Semoga Bermanfaat.

You can leave a response, or trackback from your own site.

3 Response to "Sedikit Tips Merangkai Effek Gitar Stompbox"

  1. Anonymous says:

    Tips yang bagus! Gw masih pemula neh.. hehe.. Nice gan!

    rienzboyz says:

    tips yang bagus mas. .

    tapi gemana ya.
    cara buat effect gitar sederhana. .

    trus beli perangkatnya dimana ya??
    mohon bantuannya.
    trims C:

    Anonymous says:

    oke! skarang gw ngrti. thx

Post a Comment

Powered by Blogger