Memilih Pick-Up Gitar Elektrik Yang Sesuai Karakter Permainan Anda

Pick-up, ya, alat ini tergolong sesuatu yang sangat vital pada gitar elektrik. Pick-up adalah alat yang berfungsi menangkap sinyal suara dari senar, lalu mengubahnya menjadi aliran listrik yang kemudian dihubungkan ke ampli. Pada umumnya, pick-up terdiri dari tiga jenis.
Yaitu, Single Coil, Humbucker, dan Mini-Humbucker. Masing-masing pick-up memiliki karakteristik yang berbeda.

Pick-up Single Coil, memiliki karakter sound clean yang bagus. Bersih, twengie, dan terkesan tajam. Namun, bila dipadukan dengan efek distorsi, sound nya terasa kurang maksimal. Sehingga gitar-gitar yang menggunakan pick-up seperti ini, dirasa kurang cocok untuk bermain musik-musik keras, seperti musik metal. Pick-up ini akan terasa maksimal jika diberi dengan efek overdrive. Atau bisa juga suara cleannya dibalut dengan effect modulation seperti phaser, chorus, tremolo, flanger atau delay. Gitar-gitar yang memakai pick-up seperti ini sangat cocok bila digunakan untuk mengiringi jenis lagu pop, rock, jazz, dan blues. Contoh gitar yang biasa menggunakan pick-up ini adalah Fender Stratocaster.

Pick-up Humbucker, berciri-ciri fisik seperti dua pick-up single yang disatukan. Pick-up ini memiliki karakter sound yang tebal, tajam, dan jelas baik suara clean maupun distorsi. Namun, suara clean yang dihasilkan tidak akan semaksimal single pick-up. Bila sound dari pick-up ini dibalut dengan efek distorsi, maka sound yang dihasilkannya akan terasa dahsyat! Gitar-gitar yang menggunakan pick-up seperti ini, sangat cocok untuk mengiringi berbagai macam jenis lagu. Terutama lagu-lagu keras. Contoh gitar yang biasa menggunakan pick-up ini adalah Ibanez dan Gibson.

Pick-up Mini Humbucker, berciri-ciri fisik seperti pick-up single namun sound nya berkarakter humbucker. Biasanya, gitaris yang menggunakan pick-up ini adalah mereka yang sudah 'jatuh cinta' dengan model gitar stratocaster, namun menginginkan sound humbucker.

So, pilihlah pick-up yang baik sesuai dengan aliran musik yang anda sukai. Sedikit pesan, Kenalilah terlebih dahulu dirimu sendiri sebelum kamu mengenali orang lain.

You can leave a response, or trackback from your own site.

1 Response to "Memilih Pick-Up Gitar Elektrik Yang Sesuai Karakter Permainan Anda"

  1. salam kenal,..mohon izinkan saya berbagi link utk yg ingin belajar gitar secara lengkap dan mengunduh materi utk pemula, blues, jazz dlm bhs Indonesia silahkan klik www.gitarzoom.blogspot.com
    trims

Post a Comment

Powered by Blogger