Cara Cerdas Memilih Gitar Elektrik Murah

Bagi sebagian gitaris pemula, memiliki gitar elektrik adalah suatu cita cita. Bagi mereka yang memiliki rezeki lebih, membeli gitar elektrik yang bagus bukanlah perkara yang sulit. Tapi bagaimana dengan mereka yang hanya mempunyai budget pas-pasan?? Perlu anda ketahui, untuk membeli gitar elektrik standar yang berkualitas bagus, anda harus menyiapkan setidaknya budget sekitar tiga jutaan. Lalu, apakah gitar elektrik yang harganya dibawah itu tidak berkualitas?? Nah, mari kita jawab pertanyaan itu..

Sebelum anda membeli, harus anda ketahui dimana gitar (yang akan anda beli) itu diproduksi. Kebanyakan gitar-gitar murah dengan harga dibawah dua juta adalah produksi dalam negeri alias produk lokal. Bagaimana kualitasnya?? Yah, pada umumnya gitar lokal tidak memiliki kualitas yang bagus. Oleh karena itu, jika anda ingin membeli gitar lokal, pandai-pandailah memilih. Sebab, masih ada gitar lokal yang cukup berkualitas untuk gitaris pemula. Disini saya akan coba memberikan sedikit tips untuk memilih gitar lokal yang berkualitas.

Pertama, coba cek kualitas kayu gitarnya. Kayu yang bagus adalah kayu yang kering dan terkesan kokoh untuk dipakai sebagai bahan membuat gitar. Lihat dan rasakanlah kualitas kayu pada body dan neck gitar yang akan beli. Coba angkat gitarnya. Jika terasa ringan namun body gitarnya terasa keras, berarti kayu pada gitar itu sudah kering.

Kedua, cek neck, fret dan fretboardnya. Pastikan bahwa neck gitar cukup kuat untuk menahan tarikan senar. Kalau tidak, neck akan mudah melengkung(bengkok) karena tidak kuat menahan tarikan senar. Cek juga fretnya. Pastikan bahwa fret tertanam rapi pada ftretboard. Fret gitar lokal biasanya tidak tertanam rapi. Ini mengakibatkan terjadinya fretbuzz pada saat anda melakukan teknik bending atau slide.

Ketiga, cek kualitas sound. Hal ini adalah suatu kewajiban. Sound yang dihasilkan gitar lokal biasanya berkualitas buruk, seperti terjadinya noise yang sangat keras. Electronic parts pada gitar elektrik lokal biasanya tidak di-ground secara rapi dan banyak terjadi kebocoran pada pickup gitarnya. Pastikan bahwa suara noise yang keluar dari dalam ampli tidak lebih keras dari suara petikan gitar anda. Suara noise memang pasti ada disetiap gitar elektrik. Namun, gitar yang bagus tidak akan mengeluarkan noise yang cukup 'brutal' seperti gitar lokal.

Keempat, coba yakinkan diri anda bahwa gitar yang akan anda beli memiliki efek sustain yang panjang. Efek sustain didapat dari kualitas senar dan jenis konstruksi neck-body yang digunakan oleh gitar.

Nah, anda bisa mencoba tips diatas untuk dipraktekan. Jika anda masih belum puas dengan tips diatas, silahkan anda mencari gitar murah dengan cara anda sendiri. Karena sebenarnya tidak ada aturan baku dalam hal memilih gitar. Yang perlu kita lakukan adalah bagaimana kita bisa mendapatkan kualitas maksimal dengan budget minimal. Semoga bermanfaat.

You can leave a response, or trackback from your own site.

2 Response to "Cara Cerdas Memilih Gitar Elektrik Murah"

  1. Valentino says:

    nice posts....keep posting to promote yourself especially in music

    -Vishnu Valentino (http://vishnuvalentino.com)-

    VideoKlip says:

    berguna bagi saya... biar gak terus2an beli kucing dalam karung :)

Post a Comment

Powered by Blogger